Jumat, 23 Agustus 2013

#salam itu membahagiakan :)

Pagi itu sedang meyusuri jalan sebelah kampus yang penuh tumpukan sampah, mau balik ke kontrakan setelah main di lab tercinta. Tampak beberapa mahasiswa yang kuliah pagi berjalan dengan arah berlawanan, tampak pula beberapa ibu tua dan seorang bapak yang sedang mengais rezeki di tumpukan sampah kala itu. Tetap berjalan dan menunduk, ada 
banyak pikiran di kepala mulai dari cinTA sampai sebuah agenda yang harus kusiapkan.

Mungkin ada yang salah kala itu, ya mungkin diri ini lupa bersyukur, tak cukupkah dengan pemandangan di tempat sampah tadi yang seharusnya jadi acuan untuk terus berucap “Alhamdulillah ya Allah”.

Langkah pun berlanjut dan masih tertunduk wajah ini, namun tiba-tiba pikiran pecah ketika terdengar suara “Assalamualaikum kakak”, kuangkat pandangan tak kudapati siapa-siapa, lalu berbalik kemudian kuarahkan pandangan ke bawah menuju asal suara. Kudapati perempuan kecil putih, berpakaian kuning cerah yang kuperkirakan umurnya sekitar 4 tahun yang sedang bermain dengan sepeda roda tiganya. Pandanganku tertuju ke wajahnya dan iapun masih melihat ke arahku, sambil tersenyum ia mengulangi salamnya “Assalamualaikum kakak” kemudian kujawab “Waalaikumsalam dek, pintarnya”, beberapa detik masih dalam posisi yang sama melihat si bocah kecil melanjutkan mainnya.

Perasaan berbeda tiba-tiba muncul, yang tadinya murung menjadi lebih semangat dan berbahagia. Tersenyum sendiri, melihat si bocah berbahagia lepas melanjutkan mainnya, cukup ditemani sepeda roda tiga tua serta pasir timbunan bangunan. Terfikir kenapa harus murung?, bukankah yang lain juga punya banyak masalah?, bukankah hidup ini memang takkan lepas dari masalah hingga ke liang lahat? Tinggal bagaimana menyakapinya.

Lanjut berjalan menuju kontrakan lengkap dengan senyum yang kubawa hasil pemberian si adik kecil :)
Bahagia itu sederhana, berbahagialah dengan membahagiakan orang lain.
"Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan kalian tidak beriman sehingga kalian saling mencintai. Tidakkah kalian mau aku tunjukkan sesuatu yang apabila kalian kerjakan akan menjadikan kalian saling mencintai? Yaitu sebarkanlah salam di antara kalian." (HR. Muslim)

http://muhnurakbar.tumblr.com/post/39216565515/salam-itu-membahagiakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar